Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Karya Musik Di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Band Sendau Gurau Di Semarang)

  • Yus Rizal Muhammad Universitas Negeri Semarang
  • Abdul Rachman Universitas Negeri Semarang
Keywords: Media Sosial, Promosi, Karya Musik, Industri 4.0

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi terus meningkat tiap tahunnya, hal ini membuat jumlah pengguna internet atau media sosial semakin tinggi diseluruh Dunia. Kemunculan teknologi digital tersebut membuka peluang di berbagai bidang industri khususnya industri musik, layanan streaming sekarang sudah menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh di era industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana penggunaan media sosial sebagai sarana promosi karya  musik band Sendau Gurau di era industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa grup band Sendau Gurau melakukan promosi lagunya melalui platform digital YouTube dan media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Whatsapp yang berkesinambungan sehingga menarik pengguna media sosial untuk menonton hasil karya mereka yang sudah diunggah ke akun YouTube. Dengan strategi promosi  tersebut banyak pengguna media sosial yang tertarik menikmati karya musik band Sendau Gurau melalui media sosial maupun live performance.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yus Rizal Muhammad, Universitas Negeri Semarang

Pendidikan Sendratasik

Published
2020-06-20
How to Cite
Muhammad, Y. R., & Rachman, A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Karya Musik Di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Band Sendau Gurau Di Semarang). Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(1), 23 - 30. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i1.35
Section
Articles