Analisis Tekstual Koyunbaba Karya Carlo Domeniconi: Bentuk dan Struktur Bagian I Moderato

  • Birul Walidaini Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Gitar Klasik, Bentuk Musik, Koyunbaba, Carlo Domeniconi, Analisis Tekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan struktur musik bagian I Moderato dari Koyunbaba karya Carlo Domeniconi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu teks atau partitur lagu Koyunbaba (Suite Für Gitarre Op.19) karya Carlo Domeniconi. Penelitian difokuskan pada bentuk dan struktur musik dari koyunbaba bagian pertama yaitu I Moderato. Data utama dalam penelitian ini adalah teks atau partitur dari koyunbaba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah birama dalam bagian pertama I Moderato ini adalah empat puluh dua birama. Setelah dianalisis strukturnya berdasarkan ilmu bentuk dan analisis musik, maka terdapat delapanperiode atau kalimat yang didalam setiap periode berisikan anak kalimat dan motif. Pada bagian pertama I Moderato, motif-motif yang dituliskan merupakan motif yang berpotensi diulang pada bagian-bagian selanjutnya. Bagian pertama ini juga berfungsi sebagai introduction atau pengenalan terhadap karya koyunbaba ini. Dalam bagian pertama ini ditemukan motif-motif yang cukup beragam karena dalam sejarahnya karya ini merupakan hasil improvisasi yang dituliskan ke dalam partitur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andaryani, E. T. (2019). Pengaruh Musik Sebagai Moodboster Mahasiswa. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(2), 109–115.

Firmansyah, F. (2015). Bentuk Dan Struktur Musik Batanghari Sembilan. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 17(1), 83–102.

Harries, C. (2014). The Solo Guitar Music Of Carlo Domeniconi: An Exploration Of The Diverse Influences. Waterford Institute Of Technology.

Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas Dalam Pendidikan Musik: Berpikir Divergen Dan Konvergen. Musikolastika, 2(1), 1–7.

Moleong, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. In Bandung: Rosda Karya.

Muhammad, S. (2003). Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, Cisya Kencana Orchestra.

Niswati Khoiriyah, S. S. Si. (2017). Pemanfaatan Pemutaran Musik Trhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care Di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik Unnes.

Parmadie, B. (2016). Cultural Studies: Sudut Pandang Ruang Budaya Pop. An1mage Jurnal Studi Kultural, 1(1), 50–57.

Paulus, J., Müller, M., & Klapuri, A. (2010). State Of The Art Report: Audio-Based Music Structure Analysis. Ismir, 625–636.

Prier, K.-E., & Widyawan, P. (2011). Roda Musik Liturgi. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Putra, I. P. A. S. S. (2019). Analisis Komposisi Musik “Kuasa Tanah.” Journal Of Music Science, Technology, And Industry, 2(1), 49–84.

Sadie, S. (2001). A Cappella. The New Grove Dictionary Of Music And Musicians. 2nd Ed. New York: Macmillan Publishers Limited.

Sinaga, F. S. S., Maestro, E., Marzam, M., & Yensharti, Y. (2019). Software Sibelius Sebagai Alternatif Penulisan Notasi Musik Di Era Millenial. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 1–6. Http://Musikolastika.Ppj.Unp.Ac.Id/Index.Php/Musikolastika/Article/View/11

Stein, L. (1962). Structure And Style: The Study And Analysis Of Musical Forms. Summy-Birchard Company.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Wardani, A. W. (2020). Analisis Struktur Lagu" Bohemian Rhapsody" Karya Freddie Mercury (Aransemen Oni Krisnerwinto).

Widyanta, N. C. (2019). Makna Metaforis Yang Terkandung Dalam Lagu “Tikus-Tikus Kantor” Karya Iwan Fals. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(2), 52–64.

Winangsit, E., & Sinaga, F. S. S. (2020). Writing Music Through Parnumation 3.0 In The Musical Activities Learning Process. 1st International Conference On Lifelong Learning And Education For Sustainability (Iclles 2019), 31–34.

Yensharti, Y. (2019). Pengaruh Bias Pemahaman Substansi Dasar Teori Musik Terhadap Kemampuan Praktek Instrumen Gesek Di Sendratasik Unp. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 22–29.

Yuniarko, A. B. (2020). Analisis Teknik Permainan Gitar Klasik Pada Lagu Maxixe Karya Agustin Barrios Mangore.

Published
2020-12-08
How to Cite
Walidaini, B. (2020). Analisis Tekstual Koyunbaba Karya Carlo Domeniconi: Bentuk dan Struktur Bagian I Moderato. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 94-104. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i2.53
Section
Articles